Dekor Pernikahan Malang

Dekor Pernikahan Malang – Pernikahan dengan adat Minang adalah salah satu tema pernikahan yang digunakan terutama oleh mereka yang berasal dari suku Minang. Memang sudah menjadi kebiasaan jika pernikahan dilaksanakan dalam adat Minang atau asal suku pasangan pengantin.

Adat Minang juga terkenal dengan pernikahan yang mewah dan megah. Hal ini karena ada beberapa aksesoris atau properti adat yang menyebabkan tampilan dekorasinya menjadi mewah. Berikut adalah beberapa ciri khas dari pernikahan adat Minang.

Dekor Pernikahan Malang

Dekor Pernikahan Malang Dengan Adat Minang Yang Khas

  • Banta gadang

Biasanya pada pernikahan akan ada pelaminan. Selain tempat duduk untuk pengantin namun juga tempat duduk untuk para orang tua pengantin juga. Untuk adat minang, maka mereka akan menggunakan banta gadang sebagai bagian dari dekorasi.

Banta gadang ini merupakan banal dengan ukuran yang besar dan akan digunakan pada kursi pengantin juga untuk kedua orang tua. Penggunaan bantal tersebut sebagai bentuk prestige atau kemewahan pada acara pernikahan tersebut. Jumlah banta gadang yang digunakan akan sesuai dengan jumlah hewan yang digunakan sebagai konsumsi atau perayaan pesta.

  • Kain dengan sulam benang emas

Selanjutnya yang khas pada pernikahan dengan adat Minang adalah adanya kain yang menggunakan benang dengan warna emas. Biasanya kain ini akan digunakan untuk bagian backdrop dari pelaminan. Selain itu bisa menggunakan ukiran Minang untuk pola benang emas pada kain tersebut.

  • Kelambu dan tirai berlapis

Tirai dan kelambu berlapis juga akan sangat penting digunakan untuk kebutuhan dekorasi pernikahan dengan adat Minang. Tirai dan kelambu tersebut akan diletakkan di bagian belakang pelaminan. Tirainya sendiri harus berjumlah ganjil, misalnya 3, 5, 7 dan seterusnya. Jika kedudukan keluarga dalam suku Minang semakin kecil maka jumlah tirai yang digunakan juga akan semakin kecil.

Jadi dalam kata lain tirai akan memiliki simbol sebagai penanda status sosial keluarga. Tirai dengan jumlah yang paling banyak biasanya ada 7 lapis dan banyak digunakan untuk pernikahan keluarga bangsawan.

Tirai tersebut juga bisa menjadi simbol bahwa wanita harus selalu menjaga harkat dan martabatnya. Jadi jika Anda menggunakan jasa dekorasi pernikahan malang, perlu diperhatikan mengenai jumlah tirai ini. Konsultasikan jumlah yang sesuai pada vendor agar tidak salah.

  • Langit-langit pelaminan

Pada dekorasi pernikahan dengan adat Minang, di bagian langit-langit pelaminan akan menggunakan ornamen angkin. Angkin tersebut akan terbuat dari kain beludru atau satin dengan berbagai macam warna. Angkin akan dibiarkan menjuntai hingga menyentuh kepala pengantin laki-laki.

Pelaminan nantinya akan semakin bagus dengan adanya ornamen bernama karamalai. Karamalai ini akan terbuat dari bahan kertas perak dengan bentuk manik-manik. Ornamen ini akan melambangkan hubungan keluarga agar tetap abadi.

Selain itu nantinya juga ada lidah-lidah dengan bentuk dasi. Bahan yang digunakan adalah bahan kain beludru atau satin dengan warna keemasan. Lambang dari penggunaannya adalah untuk mengingatkan bahwa Anda harus menjaga kata dan bahasa pada orang lain agar tidak menyinggung.

  • Galuang

Ornamen yang terakhir dan khas pada pernikahan dengan adat Minang adalah adanya galuang. Galuang akan ditempatkan di samping tempat duduk pasangan pengantin. Galuang ini seperti bingkai yang melengkung atau seperti gapura. Biasanya akan menggunakan kain sebagai lapisannya dan juga dilengkapi dengan bambu yang berlapis-lapis.

Adanya galuang juga akan menjadi tanda bahwa pernikahan tersebut digunakan untuk acara pernikahan bangsawan. Akan tetapi banyak juga variasi bentuk dari galuang sehingga tidak selalu melengkung.

Tahapan Dalam Mendesain Dekorasi Lamaran Di Rumah Sederhana

Lamaran merupakan salah satu tahapan sebelum Anda merayakannya dalam bentuk pernikahan. Untuk itu lamaran juga perlu dilakukan dekorasi walaupun hanya Anda lakukan di rumah saja.

Acara lamaran tidak harus dilakukan dengan dekorasi yang heboh atau mewah. Bahkan dengan dekorasi yang sederhana saja akan tetap cocok Anda gunakan. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

  • Tema

Pertama adalah menentukan tema yang digunakan. Tentukan Anda ingin menggunakan tema seperti apa pada acara lamaran Anda. Tema ini nantinya akan berpengaruh pada penggunaan dekorasinya akan seperti apa.

Namun penggunaan tema ini juga bisa Anda sesuaikan dengan penggunaan baju yang akan digunakan pada acara lamaran. Jadi jangan sampai tema yang Anda pilih nantinya bisa berbeda dengan tema yang Anda gunakan untuk pakaian lamaran.

Selain itu perhatikan juga mengenai luas dari ruangan di rumah yang akan digunakan sebagai tempat utama acara lamaran. Dengan begitu tema yang Anda pilih bisa lebih sesuai dan bisa diterapkan dengan baik pada ruangan di rumah. Selain itu pihak dekorasi pernikahan malang berkualitas juga bisa menggunakan jenis properti yang tepat juga.

  • Gunakan jasa vendor dekorasi

Selanjutnya dari tema yang sudah ditentukan, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa dekorasi atau menggunakan jasa vendor dekorasi. Jika menggunakan jasa vendor maka akan lebih fleksibel dan tidak perlu repot karena Anda hanya perlu memilih temanya saja.

Namun jika ingin mendekorasinya sendiri, maka Anda perlu mencari sendiri properti yang digunakan untuk dekorasinya. Namun Anda juga akan lebih repot untuk mendekornya sendiri. Selain itu juga butuh lebih banyak waktu untuk mendekornya sedemikian rupa.

  • Sesuaikan dengan budget

Selanjutnya adalah Anda perlu menyesuaikannya dengan budget atau dana yang tersedia. Tema yang Anda pilih juga sebaiknya bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Biasanya dekorasi pernikahan yang menggunakan bunga akan lebih mahal dibandingkan yang menggunakan dekorasi seperti bunga kertas, balon atau bahan yang lainnya. Berikut Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran agar budget tidak membengkak:

  • Jadi jika Anda ingin menggunakan bunga, akan lebih baik jika menggunakan bunga kertas atau menggunakan bunga plastik. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran.
  • Menggunakan backdrop dengan tembok secara langsung juga bisa membantu untuk menghemat biaya pengeluarannya. Ada juga bisa berdiskusi dengan dekorasi pernikahan malang terjangkau agar bisa memberikan harga yang sesuai dengan dana yang dimiliki.
  • Anda juga bisa menggunakan dekorasi lamaran menggunakan balon. Tema pernikahan ini bisa Anda gunakan karena harganya cukup terjangkau. Kelebihan yang lainnya adalah penggunaan balon ini memiliki banyak pilihan warna yang juga bisa Anda gunakan.
    Salah satunya yang banyak digunakan adalah warna putih, hijau, dan juga emas. Selain itu dekorasi dengan balon ini juga memiliki banyak bentuk yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan sendiri.
  • Anda juga harus menggunakan tema atau pilihan warna pada balon tersebut untuk pakaiannya agar terlihat sama.

Jika ingin menggunakan dekorasi pernikahan malang untuk pernikahan dengan adat Minang, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan hal tersebut. Ada beberapa dekorasi yang khas digunakan pada pernikahan Minang.

Anda bisa request untuk menggunakan dekorasi pernikahan yang khas dari adat tersebut pada vendor yang akan disewa. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan MC Malang Juanda dengan menghubungi 0812.1600.6675 atau datang langsung ke Jalan LA Sucipto Gg 22A No. 56, Kota Malang.

5/5 - (6 votes)

Tinggalkan Balasan

× WhatsApp