MC Mandarin Surabaya

MC Mandarin Surabaya – Pemandu acara yang bisa berbahasa mandarin biasanya sangat diperlukan dalam acara pernikahan adat Tionghoa. Sama seperti pernikahan tradisional daerah lainnya, pernikahan dengan adat Tionghoa juga memiliki susunan atau prosesi yang sangat kaya akan makna. Dalam prosesi pernikahan adat ini dibagi ke dalam 3 susunan acara yaitu prosesi sebelum pernikahan, pernikahan dan setelah pernikahan.

MC Mandarin Surabaya

Dalam prosesi-prosesi tersebut, dibutuhkan seorang pemandu acara yang benar-benar paham dan mengerti tentang susunan acara pernikahan adat Tionghoa. Khususnya pada prosesi sebelum pernikahan dan saat pernikahan dimana akan digelar acara yang mengundang banyak tamu. Berikut ini beberapa detail persiapan pernikahan dengan adat Tionghoa dan pentingnya menyewa jasa MC yang tidak hanya bisa berbahasa Indonesia, tapi juga mandarin.

Alasan Sewa Jasa MC Mandarin Surabaya

Sangatlah penting bagi Anda yang akan menggelar acara pernikahan dengan tema tiong hoa untuk menyewa jasa MC mandarin Surabaya berkualitas. Pemandu acara mandarin tak hanya bertanggung jawab mengisi acara, tapi juga akan membantu memandu tuan rumah untuk tiap susunan atau prosesi pernikahan. Biasanya pemandu acara akan menuntun kedua mempelai serta keluarga satu per satu saat melakukan prosesi pernikahan tiong hoa.

Selain itu, vendor MC juga bisa membantu tuan rumah yang kurang paham tentang susunan acara pernikahan bertema mandarin. Vendor MC biasanya memiliki relasi dengan wedding organizer yang bisa membantu menjelaskan dan menyusunkan prosesi acara pernikahan mandarin dengan benar.

Tidak hanya itu, kebanyakan MC mandarin juga memiliki kemampuan untuk mengisi acara dengan baik. Seperti misalnya memberikan humor menarik agar acara tidak garing atau kaku hingga bernyanyi dalam bahasa Mandarin dalam pesta resepsi pernikahan tiong hoa. Itulah sebabnya sangat penting bagi Anda untuk sewa jasa MC mandarin yang ada di Surabaya. Apalagi di Surabaya, pernikahan mandarin semacam ini sangatlah populer diselenggarakan.

Tapi jangan sembarangan saat akan memilih pemandu acara mandarin. Pilihlah MC yang betul-betul fasih berbahasa mandarin dan tidak hanya sekedar membacakan teks. Selain itu, MC juga harus paham betul prosesi pernikahan tiong hoa.

Baca juga: MC Lamaran Surabaya

Inilah Dia Susunan Acara Pernikahan Mandarin

Agar lebih jelas mengenai tugas-tugas MC mandarin Surabaya profesional, maka berikut ini Anda juga perlu tahu tentang susunan acara pernikahan mandarin:

  1. Prosesi sebelum pernikahan

Sebelum hari pernikahan, setidaknya ada 5 prosesi yang harus dijalani oleh calon mempelai, yaitu:

  • Prosesi lamaran: Dalam prosesi ini biasanya pihak mempelai pria akan mengirimkan orang yang dituakan sebagai ‘Mak Comblang’ untuk melamar dan datang ke rumah pihak mempelai wanita.
  • Prosesi penentuan: Setelah pihak mempelai pria mengirimkan lamarannya, maka pihak mempelai wanita harus menentukan apakah lamarannya diterima atau tidak. Kalau direspon positif maka lanjut ke prosesi selanjutnya.
  • Prosesi sangjit: Waktu yang tepat melakukan prosesi sangjit biasanya ditentukan oleh orang tua yang mengerti dan paham tentang penanggalan. Tapi pada umumnya prosesi sangjit dilakukan sekitar 1 minggu hingga 1 bulan sebelum pesta pernikahan dilangsungkan. Dalam prosesi ini juga disiapkan seserahan dari pihak mempelai pria dan seserahan balik dari pihak mempelai wanita.
  • Prosesi tunangan: Prosesi pertunangan yang juga dilanjutkan dengan acara pengenalan masing-masing keluarga calon mempelai. Dalam acara ini biasanya ada makan besar bersama.
  • Prosesi penentuan tanggal yang baik: Dalam adat tiong hoa yang baik biasanya harus dipilih tanggal, jam dan bulan yang baik untuk menentukan pernikahan. Hal ini didiskusikan oleh kedua pihak keluarga.

Selain prosesi-prosesi di atas, juga ada prosesi pemasangan seprai dan prosesi pesta bujang atau dikenal dengan sebutan Liauw Tiaa. Setiap prosesi sebelum pernikahan ini Anda bisa menyewa jasa MC mandarin Surabaya murah untuk membantu memandu tiap acara, khususnya saat acara lamaran dan tunangan yang dihadiri oleh para tamu undangan. Acara semacam ini dapat diadakan di rumah mempelai wanita atau sewa venue.

  1. Prosesi di hari-H pernikahan

Prosesi di hari-H pernikahan adalah prosesi yang sangat penting dilakukan dengan tepat dan benar. Apalagi pada prosesi ini, banyak tamu yang hadir. Tidak hanya kerabat atau keluarga besar, melainkan para tetangga, kolega, dan teman-teman dekat lainnya. Di sinilah peran MC mandarin Surabaya berkualitas sangat dibutuhkan.

Sebelum pernikahan dilakukan, ada baiknya tuan rumah dan MC melakukan gladi resik terlebih dahulu. Hal ini demi memastikan prosesi dapat berjalan dengan lancar dan benar. Berikut ini 4 prosesi penting pada acara pernikahan termasuk pestanya:

  • Prosesi upacara sembahyang (Cia Tao): Prosesi pernikahan memberikan penghormatan kepada Tuhan, alam, para leluhur, orang tua serta kedua mempelai.
  • Prosesi upacara pemberkatan: Prosesi pemberkatan pasangan pengantin yang dilakukan oleh seorang pandita dan para bikuni.
  • Prosesi upacara Tea Pai: Acara yang dihadiri orang tua kedua belah pihak mempelai. Orang tua biasanya memberikan beberapa wejangan kepada mempelai pria dan wanita dan biasanya juga disertai pemberian hadiah.
  • Prosesi resepsi pernikahan: Diadakan pesta resepsi pernikahan yang disertai para pengisi acara serta makan besar bersama.

Prosesi pernikahan di atas ada yang dilakukan semua, tapi juga ada beberapa yang langsung masuk ke prosesi upacara Tea Pai dan resepsi pernikahan saja. Pada prosesi tersebut, Anda bisa menyewa MC mandarin Surabaya yang paham mengenai susunan acara pernikahan sehingga dapat memandu tahap per tahap menjalani tiap prosesinya. Selain itu, MC mandarin juga bisa diminta mengisi acara dalam pesta resepsi pernikahan bertema mandarin.

  1. Prosesi setelah pernikahan

Hanya ada 2 prosesi yang dijalani setelah upacara pernikahan dan pesta resepsinya selesai, yaitu:

  • Prosesi upacara Cia Kiangsay: Inti dari prosesi ini yaitu perkenalan keluarga besar pihak mempelai pria di rumah mempelai wanita karena sang mempelai pria sekarang sudah boleh tinggal bersama mempelai wanita di sana.
  • Prosesi upacara Cia Ce’em: Berbeda dari prosesi sebelumnya, kali ini prosesi Cia Ce’em dilaksanakan di rumah mempelai pria. Tujuannya sama yaitu memperkenalkan keluarga besar mempelai wanita ke rumah mempelai pria.

Biasanya setelah prosesi pernikahan selesai, maka kedua mempelai pria dan wanita melakukan kunjungan ke berbagai rumah sanak familinya. Tentunya prosesi ini biasanya tak memerlukan bantuan jasa MC Surabaya lagi karena memang dilakukan secara pribadi dan berskala kecil saja.

Butuh jasa MC mandarin Surabaya? Anda bisa menyewa MC Malang Juanda yang sudah berpengalaman dalam membawakan acara lamaran, tunangan dan pernikahan dengan adat tiong hoa. Kami memiliki tim pemandu acara yang berkualitas dan Anda bisa mempercayakan segala event pernikahan kepada kami.

Pemandu acara kami sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam memandu berbagai acara bertema mandarin termasuk pernikahan yang paling sering diadakan. Jika Anda ingin menyewa jasa pemandu acara kami, maka cukup hubungi saja segera Admin customer service kami. Sudah ada nomer kontak yang bisa dihubungi kapan saja pada hari dan jam kerja.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan

WhatsApp