Wedding Planner di Surabaya

Wedding Planner di SurabayaSudah ada rencana untuk menikah? Momen pernikahan memang sangat spesial dan harus dipersiapkan dengan matang. Lalu, apakah kamu sedang kebingungan untuk mencari wedding planner di Surabaya? Apakah kamu memang memerlukan jasa wedding planner itu sendiri? Di sini kamu akan tahu segala hal tentang wedding planner, dimulai dari apa itu wedding planner, berapa harga rata-ratanya di Surabaya, hingga pertimbangan untukmu menggunakan jasanya. Ayo cari tahu.

Wedding Planner di Surabaya

Apa itu Wedding Planner?

Jika kamu kira wedding planner dan wedding organizer itu sama, maka kamu telah salah mengira. Wedding Planner, sesuai dengan namanya planner atau perencana, WP akan mempersiapkan acara pernikahan dari awal sekali hingga akhir. Mereka yang akan mengorganisir semuanya, dimulai dari kapan akan ada pertemuan keluarga, memberi rekomendasi vendor-vendor, membuat jadwal meeting dengan vendor dan menemanimu, hingga kamu akan diingatkan untuk melakukan perawatan tertentu menjelang hari H. Jadi, tidak akan ada yang terlupakan hingga hari spesialmu tiba.

Bagaimana Cara Kerja Mereka?

Kamu atau siapapun dari anggota keluargamu sebagai penyewa jasa akan disebut sebagai client. Kamu dan vendor wedding planner akan bertemu untuk pertama kalinya sesuai kesepakatan dan kalian akan dilakukan konsultasi. WP akan memberi penjelasan tentang paket-paket yang bisa kamu pilih dan kamu bisa memberi ide yang kamu mau untuk hari pernikahanmu. Kamu bebas memilih untuk menggunakan jasa Full Service atau mereka akan membantumu di hari pernikahan saja (Day of Coordination). Mereka akan tetap menjelaskan apa saja yang termasuk ke dalam paket-paket tertentu meskipun ide, seperti tema, harga, lokasi, dan vendor-vendor akan sangat berbeda untuk setiap client. Setelah itu, kamu harus menandatangani terlebih dahulu kontrak dan membayar sebelum akhirnya mereka mengurus semua hal. Cara kerja ini pasti akan kurang lebih sama, baik untuk wedding planner di Surabaya maupun wedding planner di kota lainnya.

Apa Perbedaan Full Service dengan Day of Coordination?

Panitia Day of Coordination harus mengatur jadwal pertemuan kepada vendor-vendor dan mengenalkan diri. Mereka juga harus membuat linimasa atau timeline untuk menyepakati tanggal vendor-vendor bertemu agar semua rencana tidak berantakan. Hal ini pun harus disetujui olehmu atau keluargamu sebagai client. Panitia juga harus memastikan bahwa semua orang yang bertugas atau yang wajib datang harus datang pada gladi kotor maupun gladi bersih. Memang namanya tidak sesuai dengan tugasnya yang sudah bekerja di hari-hari sebelum hari pernikahan. Tetapi, panitia ini akan sangat membantu. Pada hari pernikahan, panitia harus datang lebih awal dan siap siaga untuk mengkoordinir semua dan memberi jawaban di setiap pertanyaan yang akan muncul. Panitia ini bisa disebut sebagai jembatan antara kamu dan vendor-vendor. Mereka akan mengarahkan setiap orang yang memiliki tugas tertentu untuk melaksanakan tugasnya, seperti penyambut tamu. Mereka akan menjadi person in charge dan menyiapkan segalanya, seperti fotografer saat pengantin akan memotong kue atau acara lain.

Berbeda dengan Day of Coordination, Full Service akan mengurus hal-hal dimulai dari budgeting, mencari lokasi, mencari vendor-vendor, merekomendasikan salon, bentuk kue, makanan apa saja hingga bunga di hari pernikahan. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengurus (jika diperlukan) surat undangan, menu makanan, atau hal tertulis lainnya yang dibutuhkan di saat acara.

Cari Wedding Planner Seperti Ini di Surabaya

Jika mencari wedding planner di Surabaya, hal ini yang perlu kamu perhatikan agar tidak tersesat di tengah jalan dan bisa memangkas pengeluaran yang tidak berarti.

  1. Budgeting yang Transparan

Banyak sekali WP yang tidak menulis harga mereka pada profil sehingga akan sangat sulit untuk client menentukan WP mana yang akan mereka pakai. Oleh karena itu, kamu pasti akan disibukkan untuk mencari dan menanyakan satu-satu paket yang ditawarkan hingga pada harga. Bukankah akan memakan banyak waktu? Jika sudah dapat WP yang terpercaya, kamu harus pastikan harga sedemikian rupa dibayar untuk apa saja, sehingga kamu tahu apakah harga tersebut masuk akal.

  1. Ada Harga Ada Kualitas

Jika kamu menemukan vendor wedding dengan harga yang sangat murah dari yang lainnya atau di bawah harga rata-rata, kamu tidak perlu tergiur dan senang terlebih dahulu karena hal tersebut sangat membingungkan. Menjadi vendor diperlukan kreativitas dan profesionalitas yang tinggi, jadi dirasa tidak mungkin jika sebuah vendor menjual jasa mereka dengan sangat murah kecuali kamu ingin pernikahanmu biasa saja atau terjadi masalah pada hari pernikahan karena kurangnya pengalaman atau ilmu. Jadi, kamu disarankan untuk membaca review terlebih dahulu jika ingin mencoba-coba vendor yang kurang dikenal. Harga rata-rata yang bisa kamu dapatkan adalah di sekitaran puluhan juta rupiah, tergantung WP jenis apa yang kamu ambil. Bisa dilihat jika full service akan lebih mahal dibandingkan dengan Day of Coordination.

  1. Cepat Tanggap

Komunikasi adalah hal yang penting, oleh karena itu, suatu vendor haruslah cepat tanggap dalam merespon apapun dan langsung mengetahui serta memperbaiki jika ada suatu kesalahan. Jika sebuah vendor membuatmu menunggu lama dalam memberi tanggapan, bisa dilihat bahwa tingkat profesionalismenya kurang.

  1. Memiliki Banyak Tim

Pernikahan kecil maupun besar tetaplah harus memiliki tim yang banyak dan juga solid untuk mengatur berbagai macam hal. Jika tidak memiliki tim atau sedikit tim, dikhawatirkan akan terjadi miskomunikasi dan kurang tenaga kerja. Jadi, penting sekali jika ada banyak tim yang siap untuk mengatur jalannya acara dengan mulus.

  1. Cari Vendor yang Banyak Melakukan Kerjasama

Biasanya kamu akan mendapatkan sebuah promo spesial jika kamu memilih vendor yang bekerjasama dengan wedding plannermu. Hal ini akan membuat pengeluaranmu berkurang, bukan? Promo seperti juga akan kamu dapatkan dalam bentuk voucher, misalnya voucher hotel untuk bulan madu.

Di Mana Menemukan Wedding Planner yang Bagus?

Kamu bisa saja mengunjungi kantor mereka langsung yang kamu ketahui, mungkin memang berada di dekat rumahmu atau kamu hanya sekedar mengetahui lewat iklan atau baliho. Bisa juga kamu tanyakan pada keluargamu yang sudah menikah dan meminta saran dari mereka. Jika tidak begitu, coba saja cari di sosial media ataupun internet, di sana kamu akan menemukan banyak sekali pilihan wedding planner yang bisa membuatmu bingung karena reviewreview yang bagus.

Lalu, Perlukah Menggunakan Jasa WP?

Hal ini tergantung pada kemampuanmu untuk menghandle suatu hal, jika kamu ingin β€œditemani” dari awal hingga akhir karena tidak mengerti, maka kamu perlu menggunakan jasa WP untuk mengurus segala sesuatunya, dimulai dari mengatur pertemuan, mencari vendor-vendor, hingga penyewaan gedung, dan sebagainya.

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan untuk memakai jasa wedding planner di Surabaya untuk keperluan hari spesialmu? Tidak ada salahnya untuk menyewa jasa mereka, tapi yang pasti jangan memilih WP sembarangan, ya.

Tinggalkan Balasan

Call Now Button
× WhatsApp