Efektif dan Menyenangkan, Ini 10 Tips Menabung Menabung Sebelum Nikah

Tips Menabung Menabung Sebelum Nikah – Menikah merupakan target paling sakral antar sepasang individu. Berbagai persiapan pun tentunya tidak luput dari perhatian untuk menciptakan momen tak terlupakan. Salah satu yang paling dipersiapkan adalah anggaran. Tips menabung sebelum menikah bisa jadi tuntunan bagi kamu yang punya rencana menikah.

Sistem menabung bisa dilakukan dari jauh jauh hari seiring dengan konsep pernikahan yang akan dilangsungkan. Ini berguna untuk memperingan beban keuangan pada hari-H pernikahan nanti. Terlebih banyak tips yang bisa dilakukan agar menabung tidak terasa memberatkan.

Tips Menabung Menabung Sebelum Nikah

10 Tips Menabung Sebelum Menikah

Menabung memang tergolong kegiatan yang cukup menantang. Bisa jadi kamu telah merasakan betapa sulitnya untuk menabung dengan konsisten, karena berbeda keperluan butuh kerja keras untuk bisa mencapai target menabung sebelum menikah.

Kedisiplinan dan konsistensi diuji dalam hal ini. Namun, tidak sedikit juga yang berhasil melakukan kegiatan menabung hingga mencapai targetnya dengan cepat. Apa saja tips menabung untuk acara nikah agar efektif dan tidak merasa terbebani?

1. ย ย ย  Buat Kesepakatan Bersama di Awal

Tips pertama buatlah kesepakatan dengan pasangan. Kamu perlu mengingat bahwa tujuan menikah merupakan tujuan bersama. Jadi, ada baiknya membuat kesepakatan bersama untuk mulai menabung untuk biaya pernikahan. Sepakat merupakan permulaan yang baik untuk kerjasama yang baik pula.

Tidak perlu formal atau monoton seperti cara menabung biasanya, kamu bisa menawarkan beberapa opsi dan membuka peluang bagi pasangan untuk menuangkan idenya juga. Ini bisa jadi momen pendekat yang mungkin jarang dilakukan.

2. ย ย ย  Pastikan Dulu Konsep Pernikahannya

Setelah membuat kesepakatan untuk menabung bersama, kamu dan pasangan bisa beralih membicarakan konsep lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan yakni membicarakan konsep pernikahan. Konsep pernikahan yang diusung akan sangat berkaitan dengan total pengeluaran budget.

Untuk jangka waktu menabung yang singkat gunakan konsep pernikahan minimalis namun tetap berkesan. Pesta pernikahan yang megah, mewah, dan mahal belum tentu akan menciptakan kesan. Jadi, maksimalkan konsep pernikahan dan sesuaikan dengan kebutuhan, ya.

3. ย ย ย  Buat Target Bersama untuk Persiapan Finansial

Target bersama juga perlu dibuat. Dalam hal menabung tidak hanya persoalan penghematan uang tapi juga terlibat beberapa hal lain. Agar hal tersebut tidak mengganggu jalannya menabung uang bersama, maka perlu dibuat target. Target juga bisa membantu gambaran berapa uang yang harus disisihkan.

Dengan adanya target tujuan bersama akan terasa lebih nyata. Perjuangan akan suatu hal pun menjadi pasti. Target termasuk pada target uang yang akan ditabung, target waktu, hingga target penyisihan. Kamu juga bisa menambahkan target lain yang tidak memberatkan dan lebih menyenangkan.

4. ย ย ย  Buat Akun Tabungan Bersama

Untuk mendapat efektifitas penyisihan uang, kamu dan pasangan bisa membuat akun tabungan bersama. Ini juga akan mempermudah sistem penyisihan kerja sama. Saldo yang masuk maupun keluar bisa dipantau secara bersamaan. Pilihlah bank dengan bunga rendah atau tanpa biaya admin.

Hal ini juga menimbulkan transparansi agar tidak ada salah paham dalam kegiatan menabung. Mungkin saja ada masanya untuk mengeluarkan uang tabungan terlebih dahulu untuk kepentingan mendesak. Pengeluaran oleh salah satu pihak bisa dipantau sekaligus bersama. Menarik, bukan?

5. ย ย ย  Sisihkan Paling Sedikit 15% dari Gaji Utama

Konsisten dalam menabung jadi salah satu cara untuk mencapai target uang tepat waktu. Kamu dan pasangan bisa mencoba menyisihkan paling sedikit 15% dari jumlah gaji utama. Jumlah 15% bisa dinaikan bergantung pada kesanggupan dan konsistensi.

Perlu diingat jangan menentukan target yang sekiranya memberatkan. Tidak apa bila jumlahnya kecil asalkan konsisten menabung bersama. Usahakan menyisihkan uang sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan bersama sama. Bila hendak mengubah nilai tabung maka putuskan lewat kesepakatan juga.

6. ย ย ย  Tahan Membeli Barang Lain

Membeli barang bisa jadi hobi seseorang setelah penat sebulan penuh bekerja. Dalam hal menabung maka hal tersebut harus sanggup ditahan untuk beberapa waktu. Bila tidak bisa berhenti untuk membeli suatu barang, kamu bisa mencoba menahannya secara bertahap dan dijadikan kebiasaan.

Usahakan untuk tidak membeli barang yang tidak perlu. Perhitungkan setiap urgensinya saat hendak membeli suatu barang. Terutama pada kaum wanita, stop berbelanja barang yang tidak perlu. Belanja berkala bisa dibuat jadwal agar nantinya bisa tahan untuk tidak membeli barang baru.

7. ย ย ย  Mulai Kurangi Jadwal Jajan

Tidak kalah dari membeli barang, jajan bisa jadi hal yang paling menghambat untuk melakukan penyisihan uang. Tips menabung sebelum menikah yang bisa dilakukan yakni perketat jadwal jajan. Dalam hal dating pun pastinya kamu dan pasangan diharuskan membeli makanan di luar rumah.

Untuk menyiasatinya kamu bisa melakukan private dating di dalam rumah. Masih banyak hal seru yang bisa dilakukan saat pacaran di dalam rumah. Tidak perlu jajan dan mengeluarkan uang kamu bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di kulkas. Lebih hemat lebih baik, lho.

8. ย ย ย  Jalankan Sistem Punishment

Pernah dengar sistem reward and punishment? Kamu bisa menggunakan sistem tersebut dalam hal menabung bersama sebelum menikah. Perlakukanlah hanya sistem punishment atau hukuman agar lebih menantang. Hukuman bisa diberi pada pasangan atau kamu yang tidak menabung tepat waktu.

Selain lebih menantang, sistem ini juga tergolong lebih seru karena hukuman dapat ditentukan oleh pihak yang menang. Selain melatih tanggung jawab kamu juga bisa meningkatkan kedekatan dengan pasangan lewat hukuman tertentu. Sistem hukuman bisa berubah seiring dengan kesepakatan, ya.

9. ย ย ย  Nabung Manual di Rumah Masing-Masing

Selain menabung di rekening bersama kamu juga bisa melakukan menabung manual di rumah. Begitu juga dengan pasangan yang bisa melakukan hal yang sama. Menabung manual di rumah tidak memerlukan virtual akun. Karenanya jumlah uang yang ditabungkan bisa bermacam macam.

Cara ini lebih fleksibel sekaligus efektif untuk menambah pundi budget untuk persiapan nikah. Mulai dari 5 ribu rupiah hingga nilai lainnya bisa masuk celengan tanpa harus memasukan pin akun virtual. Tidak perlu menunggu uang gaji, uang apapun bisa masuk celengan nikah di rumah pribadi.

10.ย  Siapkan Biaya Tak Terduga

Terakhir, siapkan biaya tidak terduga untuk realisasi konsep pernikahan nanti. Tentunya biaya tak terduga juga bisa disiapkan dengan cara menabung. Tapi yang perlu dipastikan adalah pisahkan uang tabung utama dengan uang tabung biaya tak terduga, agar perhitungan di akhir mudah dilakukan.

Kamu dan pasangan masih bisa mengumpulkannya di satu rekening yang sama. Namun, perlu dipastikan berapa persen jumlah biaya tak terduga yang akan didapat dari jumlah tabungan keseluruhan. Sebaiknya jumlah biaya tak terduga sekitar 10% hingga 20% dari jumlah keseluruhan.

Lakukan tips menabung sebelum menikah di atas agar siap secara finansial dan terjauh dari berbagai kendala nantinya. Melengkapi prosesi pernikahan kamu bisa memilih MC profesional dari sekarang. Kunjungi http://mcmalangjuanda.com/ untuk memilih dan menyewa MC terbaik untuk menghidupkan acara.

Tinggalkan Balasan

× WhatsApp