Jadi Pertimbangan, Ini yang Harus Diketahui Sebelum Menikah dengan Si Dia

Yang Harus Diketahui Sebelum Menikah – Menikah bukan hanya sekedar menyatukan kehidupan dua orang. Lebih dari itu kamu harus memahami bahwa banyak hal yang ikut terlibat dalam suatu pernikahan. Sebelum memutuskan untuk hidup bersama si dia, baiknya kamu memahami beberapa hal yang harus diketahui sebelum menikah.

Yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

Memahami apa yang akan dilakukan hingga memahami bagaimana rencana yang akan dilakukan di masa depan harus dilakukan terlebih dulu. Ini dilakukan agar kamu 100% yakin untuk menikah dan menempuh kehidupan baru.

10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

Tentunya banyak hal yang harus diketahui terlebih dipahami sebelum kamu melakukan pernikahan. Pemahaman terhadap proses pernikahan hingga mengetahui apa rencana jangka panjang kamu dan calon pasangan hidup bisa dilakukan sebelum putusan menikah dilakukan. Ini beberapa hal yang harus diketahui:

1. ย ย ย  Pernikahan Bukan Hanya Tentang Cinta

Hal awal yang harus diketahui sekaligus dipahami yakni pernikahan bukan hanya tentang cinta. Pernikahan merupakan langkah sakral untuk hidup dengan pendamping seumur hidup. Karenanya pahami bahwa pernikahan tidak bisa hanya bermodalkan cinta.

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang berbeda tapi juga menyatukan dua keluarga. Pernikahan juga perlu pengorbanan lainnya, akan muncul tanggung jawab setelahnya. Jadi, pahami bahwa menikah tidak melulu tentang cinta. Lebih dari itu perlu keyakinan, pengorbanan, dan keikhlasan.

2. ย ย ย  Mengenal Identitas Pasangan Lebih Jauh

Identitas bisa jadi gerbang pengenalan pasangan lebih jauh lagi. Kamu yang akan memilih si dia sebagai pasangan sehidup semati tentunya harus mengenal identitasnya sedalam mungkin. Identitas bukan hanya sekedar nama. Lebih jauhnya lagi identitas mencakup latar belakang dan kehidupannya.

Tidak perlu mendetail kamu bisa mencari tahu informasi yang sekiranya dibutuhkan saja. Perlu diingat bagaimanapun calon pasangan juga memiliki privasi. Jadi, sebaiknya kamu berhati hati bila perlu meminta izin dulu untuk mengenal lebih jauh tentang pasangan.

Nantinya ini bisa membantu kamu untuk lebih yakin untuk menikah. Kejelasan identitas tentu akan menambah kemantapan diri untuk menjadikan si dia pendamping hidup. Jangan sampai menyesal di akhir bila tidak mengetahui identitasnya terlebih dulu.

3. ย ย ย  Pertimbangan Teman hingga Tua

Pertimbangkan juga bahwa si dia yang akan menjadi teman hidup hingga tua. Pertimbangan ini pasti tidak akan datang secara instan. Kamu bisa melakukan metode berjalan sambil belajar. Ini bisa dilakukan untuk meyakinkan diri sendiri bila hendak menikah nantinya.

Pertimbangkan bukan hanya apakah dia siap menjadi teman hidup kamu tapi juga pertimbangkan apakah kamu siap menjadi teman hidupnya hingga tua nanti. Perkara sederhana ini tidak akan memberatkan bila kamu telah memupuk keyakinan sebelum menikah nanti.

4. ย ย ย  Kemauan Mengenal Keluarga Besar

Kamu juga harus mengetahui seberapa besar kemauan dia untuk mengenal keluarga besar. Ini bisa jadi nilai utama dalam persiapan ke jenjang berikutnya. Diingatkan kembali bahwa menikah berarti juga menyatukan dua keluarga besar.

Bila dia tidak ada niatan untuk mengenal keluarga besar maka perlu ditanya alasannya. Bagaimanapun restu keluarga besar jadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan. Jadi, ketahuilah dulu apakah si dia berniat untuk mengenal keluarga kamu lebih jauh?

5. ย ย ย  Pola Pikir dan Cara Pandang Pasangan

Ketahui juga pola pikir dan cara pandang pasangan kamu sebelum diajak menikah. Mengetahui pola pikir dan cara pandang seseorang merupakan salah satu trik untuk menyelaraskan dengan diri sendiri. Ini akan sangat membantu saat pernikahan terlaksana dan hidup berdua.

Bayangkan, bagaimana ribetnya tidak mengetahui pola pikir dan cara pandang pasangan apalagi setelah menikah. Bisa jadi kamu akan kaget dan sulit untuk menyesuaikan. Jangan sampai salah satu di antara kalian jadi dominasi karena dengan menikah berarti menjalani hidup bersama.

6. ย ย ย  Urusan Keturunan dan Kesehatan

Urusan keturunan dan kesehatan juga jadi hal yang harus diketahui sebelum menikah. Tidak hanya berlaku untuk kamu tapi juga untuk pasangan. Pasalnya, kamu harus mengetahui dan mengabarkan pada calon pasangan terkait hal penting ini.

Jangan malu bertanya, diskusikan hal ini dengan calon pasangan. Keterbukaan akan kedua belah pihak bisa jadi awal yang baik untuk segera menikah. Terlebih memiliki keturunan selanjutnya akan menjadi cita-cita bersama ketika sudah menikah.

7. ย ย ย  Masalah Karir dan Finansial

Perihal karir dan finansial juga harus diketahui. Sekali lagi kamu harus memahami bahwa menikah bukan hanya perkara cinta. Terlebih pada pihak perempuan ngobrol dengan calon pasangan terkait masalah karir dan finansial merupakan hal yang penting.

Bagaimanapun hidup kamu akan banyak bergantung pada kepala keluarga. Karenanya perhitungan akan hal ini bisa jadi hal yang utama sebelum memutuskan untuk menikah. Ketahui lebih dalam masalah karir dan finansial.

Jangan takut untuk mendiskusikannya, kamu bisa menggunakan metode tanya secara tidak langsung. Metode pengandaian juga bisa digunakan saat melakukan sesi ngobrol santai dengan si dia. Terlebih kebanyakan pria juga memaklumi bila seorang wanita bertanya terkait hal ini.

8. ย ย ย  Pembagian Kewajiban

Ketahui juga bahwa setelah menikah akan berlaku pembagian kewajiban dalam suatu rumah tangga. Rumah tangga yang tercipta setelah pernikahan hanya dijalankan berdua, jadi pembagian kewajiban sangatlah penting. Perlu diingat, jangan gunakan pemikiran rumah tangga zaman dulu, ya.

Kamu bisa mengembangkan kewajiban sebagai suami dan istri dalam suatu keluarga dengan konsep yang berbeda. Yang paling penting adalah pembagian kewajiban juga harus disertai dengan hak. Jadi, semua seimbang untuk dijalankan bersama.

9. ย ย ย  Ruang Lingkup Pergaulan

Hal yang harus diketahui sebelum menikah yakni lingkup pergaulan. Ketahuilah lingkup pergaulan yang biasa disambangi oleh calon pendamping. Kamu harus peka dimana dan pergaulan macam apa yang dijalani. Akan lebih baik bila kamu mengetahuinya agar memudahkan pemantauan.

Bukan berarti kamu terlalu protektif justru ini akan memudahkan bila suatu hal yang tidak terduga terjadi. Akan mudah untuk mencari dimana dan kemana pasangan pergi. Kamu tentu saja harus terbuka juga tentang ini. Baiknya memperkenalkan diri ke ruang pergaulan masing masing pasangan.

10.ย  Rencana Masa Depan

Ketahui juga bahwa sebelum menikah kamu harus memiliki proyeksi masa depan. Setidaknya untuk beberapa tahun yang akan datang kamu akan diuji coba dengan kehidupan yang sungguh sangat tidak familiar. Karenanya rancangan masa depan merupakan hal yang harus digenggam.

Sekalipun masih rencana dasar atau buram, baiknya kamu dan si dia telah merancang apa yang akan dilakukan. Hal lumrah seperti keturunan, kepemilikan property hingga rencana pindah bisa masuk dalam list rencana. Inilah yang akan membantu kamu untuk mempererat hubungan dengan pasangan.

Tidak kalah penting, ketahuilah bahwa pengisi acara sangatlah krusial dalam acara pernikahan. Karenanya kunjungi http://mcmalangjuanda.com/ untuk memilih hingga menyewa jasa MC profesional yang siap membangun suasana tak terlupakan di hari pernikahan nanti. Jangan sampai salah pilih, gunakan hanya jasa profesional.

Tinggalkan Balasan

× WhatsApp