Tips Punya Rumah Sebelum Menikah, Anti Ribet untuk Target 1 hingga 3 Tahun

Tips Punya Rumah Sebelum Menikah – Kepemilikan akan rumah pribadi jadi salah satu keinginan yang harus terealisasi sebelum menikah. Rumah jadi salah satu unsur mapan dan bisa dijadikan bentuk investasi kedepannya. Ternyata ada, lho tips punya rumah sebelum menikah untuk target kepemilikan 1 hingga 3 tahun.

Tips Punya Rumah Sebelum Menikah

Tips ini bisa disesuaikan dengan target kepemilikan masing masing. Yang lebih serunya kamu bisa sama sama merundingkan kepemilikan dengan pasangan. Efektif dijalankan, berikut tips kepemilikan rumah pribadi yang bisa dilakukan sebelum menikah dengan pasangan:

Tips Punya Rumah Sebelum Menikah

Punya rumah pribadi lalu menikah sepertinya jadi alur idaman yang paling diinginkan oleh kebanyakan orang, kamu mungkin termasuk di dalamnya. Bila berniat untuk memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu dekat sebelum menikah, berikut tips anti ribet yang bisa dilakukan:

1.     Siapkan Target Terbaik

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah siapkan target terbaik. Kamu bisa membuat target terbaik ala sendiri. Tuangkan ide terbaik untuk membentuk target kepemilikan rumah terbaik dalam jangka waktu tertentu, termasuk furniture utama yang akan dihadirkan.

Jangan takut untuk mengatakan hal yang paling kamu inginkan, karena ini juga bisa jadi ajang membuktikan konsistensi kamu untuk mencapai target. Nah, silahkan pilih konsep rumah mana yang ingin kamu miliki, ya. Sisipkan semangat dalam proses pembuatan targetnya.

2.     Lakukan Penyisihan Utama

Penyisihan utama berarti penyisihan yang paling diprioritaskan. Kamu bisa membuat penyisihan pertama untuk menabung memiliki rumah. Sisihkan dulu keinginan lain yang sering ada di list teratas. Ini akan membantu kamu untuk tetap fokus menabung untuk realisasi rumah.

Lakukan listing penyisihan lalu tempatkan sisihan uang untuk rumah di target teratas. Kamu bisa menyisihkan 15% – 25% dari gaji utama. Bila perlu naikan angkanya seiring dengan keuletan menabung. Ingat, pembesaran nilai sisihan perlu mempertimbangkan angka pengeluaran primer.

3.     Gunakan Fitur Potongan Langsung

Kamu bisa mulai menabung dengan sistem pemangkasan otomatis. Kini beredar e-banking dengan sistem pemotongan otomatis. Jadi, gaji utuh akan langsung terpotong ketika masuk ke rekening bank. Tentunya ini akan sangat menguntungkan dan terasa lebih ringan.

Pasalnya, pemotongan secara langsung akan membuat sistem menabung tidak terasa seperti menabung. Nilai rupiah yang disisihkan lambat laun akan menggunung tanpa harus ribet memisahkannya secara manual. Apa ada fitur ini di e-banking kamu?

4.     Menabung Sisipan

Selain menabung secara virtual melalui e-banking kamu juga bisa melakukan sistem menabung sisipan. Sistem ini berlaku secara manual artinya uang yang kamu sisihkan harus disimpan pada suatu tempat di rumah. Ingat sistem menabung di celengan? Sistemnya mirip dengan cara itu.

Kelebihan dari tips punya rumah sebelum menikah ini kamu bisa menabung dengan nilai uang berapapun. Bahkan receh pun bisa ikut disimpan. Walaupun lebih fleksibel sistem ini bisa sangat membantu nilai tabung untuk mencapai target pembelian rumah pada jangka waktu tertentu.

Bila diinginkan kamu bisa mengajak pasangan untuk ikut menabung. Terlebih kamu juga bisa memberlakukan sistem hukuman untuk pihak yang melanggar perjanjian. Cara ini tentu akan lebih efektif dan menyenangkan.

5.     Bisa Beli Tanah Dulu

Bingung harus menyiapkan target berapa tahun untuk pembangunan rumah sendiri? Atau bingung juga kapan akhirnya bisa memiliki rumah pribadi? Tenang, kamu bisa memulai dengan membeli sebidang tanah utuh terlebih dulu. Tanah jenis ini biasa disebut dengan tanah garapan.

Kamu bisa memilih sebidang tanah dengan kontur yang baik. Tidak masalah untuk membeli tanah garapan di pinggir kota karena nantinya pasti akan ada imbas pembangunan. Terlebih pintar pintarlah cari tanah dengan kualitas air dan kontur tanah yang baik.

6.     Pilih dan Siapkan Konsep Minimalis

Kamu yang berencana membangun rumah adri tanah kosong bisa memilih konsep minimalis. Konsep minimalis sesuai namanya bisa meminimalisir pengeluaran saat pembangunan. Jadi, kamu tidak akan terlibat pada kondisi pembengkakan anggaran pembangunan rumah.

Bila ingin membeli rumah jadi, kamu juga bisa memilih konsep minimalis yang tidak lekang oleh waktu. Rumah dengan konsep minimalis juga memudahkan kamu untuk mengisinya dengan furniture favorit. Tidak usah ribet menentukan jenis furniture dan warna karena semua konsep bisa senada.

Tidak masalah untuk menyertakan konsep favorit di rumah minimalis karena rumah pribadi bebas di dekorasi. Karenanya pilihlah konsep yang simple dengan harga yang cenderung aman di dompet.

7.     Bangun per Bagian

Tidak usah menargetkan langsung bangun rumah secara keseluruhan, tidak masalah untuk membangun rumah per bagian atau bertahap. Kamu bisa langsung membangun menggunakan metode ini asal memiliki pegangan proyek dan pengeluaran agar tetap terhitung pembangunannya.

Metode ini bisa digunakan bagi kamu yang takut bila uang yang terkumpul akan terpakai untuk membeli hal lain. Memulai sedikit demi sedikit bisa jadi cara yang baik bagi kamu yang tidak bisa menahan untuk menggunakan uang yang sudah terkumpul banyak.

8.     Pilih Rumah Sesuai Budget

Bila kamu berniat untuk langsung membeli rumah sebaiknya kamu memilih rumah dengan budget yang sesuai. Artinya tidak perlu untuk memilih rumah yang terbilang mewah bila budget yang tersedia merupakan hasil tabung dari gaji di bawah nilai UMR. Penyesuaian tentu harus dilakukan.

Tidak masalah untuk memiliki rumah kecil dulu sambil menabung untuk membeli rumah yang lebih besar. Ingat, rumah bisa dijadikan investasi terlebih rumah terdahulu bisa dikontrakan untuk menambah pundi uang setiap tahunnya. Tidak masalah untuk menghuni rumah kecil untuk berdua.

9.     Pilih KPR Syariah

Ingin opsi pembelian yang lain? Kamu bisa menggunakan sistem KPR atau kredit rumah. Namun, ada baiknya kamu memilih kredit rumah syariah. Dimana persyaratan dan metode pembayarannya lebih mudah. Metode syariah juga akan banyak membantu dalam hal finansial.

Pasalnya, banyak pihak kredit rumah syariah yang tidak membebankan biaya sedemikian rupa untuk nasabahnya. Kamu dan pasangan bisa menggunakan cara ini bila merencanakan memiliki rumah dekat dekat dengan hari H pernikahan. Carilah badan syariah yang terpercaya, ya.

10.  Rencanakan Opsi Beli Secara Kontan

Terakhir, buat juga opsi beli secara kontan. Jauhi sistem kredit karena sebenarnya itu hanya akan membebankan. Pasalnya, nilai rumah yang dikreditkan bisa membengkak 2 hingga 3x lipat tanpa disadari oleh pihak pembeli. Karenanya lebih enak untuk membelinya secara kontan.

Tahan dulu keinginan untuk segera menempati rumah baru sebelum menikah agar tidak tekor duluan. Belum lagi bila pekerjaan yang sedang kamu jalani tidak menjamin kontrak kerja selama jangka waktu kredit rumah. Bila ini terjadi kamu harus pintar memutar otak. Ini akan lebih ribet, lho.

Bila sudah memikirkan bagaimana cara menjalankan tips punya rumah sebelum menikah di atas, selanjutnya kamu perlu memikirkan acara pernikahan. Jangan lupa cari pengisi acara profesional untuk menciptakan momen terbaik. Melalui http://mcmalangjuanda.com/ kamu bisa mudah menapatkannya.

Tinggalkan Balasan

× WhatsApp