Buat Momen Berharga, Ini 8 Tips Sebelum Hari Pernikahan

Tips Sebelum Hari Pernikahan – Kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan impian tentunya akan merasa sedikit tertekan. Pasalnya, acara sakral ini menuntut kamu dan pasangan untuk mempersiapkan segalanya dengan sempurna. Jangan panik dulu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips sebelum hari pernikahan.

Tips ini bisa dilakukan agar nantinya prosesi pernikahan tetap berjalan dengan lancar. Tidak hanya berhubungan dengan diri sendiri tapi juga berhubungan dengan vendor yang telah di sewa. Apa saja tips sederhana yang bisa buat momen berharga terealisasi?

Tips Sebelum Hari Pernikahan

8 Tips Sebelum Hari Pernikahan

Sebelum pernikahan dimulai tentunya akan banyak hal yang perlu disiapkan. Tidak hanya kesiapan diri tapi juga kesiapan hal eksternal. Keduanya harus disiapkan sematang mungkin agar momen berharga terukir sempurna. Ini dia 8 tips yang bisa dilakukan sebelum pernikahan agar semuanya berjalan sempurna:

1.     Istirahat yang Cukup

Jangan salah sangka, acara pernikahan akan memakan waktu yang cukup lama. Kamu akan dituntut siap mulai dari pagi hari hingga malam. Semua ini akan dirasa sangat lambat berlalu karena full melibatkan kamu dan pasangan sebagai pelaku utama.

Jangan salah, walaupun hanya menyalami tamu kamu bisa merasa kelelahan. Karenanya jangan tenggelam dalam persiapan yang cukup banyak. Percayakan tim vendor yang telah dipilih untuk bekerja sepenuhnya.

Karenanya dibutuhkan energi full seharian penuh, kamu tentu saja harus menjaga pola istirahat yang baik. Istirahat yang baik merupakan awal dari terbentuknya energi yang cukup. Hindari terjaga hingga larut atau terlalu bekerja keras mengambil semua bagian pekerjaan hingga lembur.

2.     Jangan Abaikan Pola Makan

Tidak jarang seseorang melakukan diet ketat karena tidak ingin badannya melar dan tidak fit di baju pengantin. Ada juga yang cenderung lebih banyak makan karena menghindari stress berlebih. Kamu tentunya tidak dianjurkan untuk melakukan keduanya.

Lakukanlah jadwal makan dengan gizi seimbang. Jangan abaikan pola makan sehat sekalipun kesibukan akan lebih melanda nantinya. Menjaga pola makan secara tidak langsung juga menjaga bentuk tubuh yang sesuai dengan desain baju pernikahan nanti.

Sementara jauhi dulu makanan berminyak dan minuman dengan perasa instan. Sebagai opsi kamu bisa memasak sendiri bersama calon. Selain lebih seru, cara ini juga menjamin makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3.     Tetap Lakukan Olahraga

Tetap lakukan olahraga sebelum hari pernikahan berlangsung. Tidak perlu olahraga berat dan masif, cukup lakukan olahraga ringan setiap bangun tidur. Ini akan banyak membantu kamu untuk tetap sehat dan bugar di sela persiapan pernikahan.

Olahraga juga bisa jadi metode penghilang stress saat dilanda berbagai kesibukan. Tidak masalah juga bila kamu tidak melakukan olahraga setiap hari. Cukup dengan berolahraga ringan minimal 3x seminggu sudah bisa menopang kebutuhan kesehatan akan badan.

Melakukan peregangan kecil di pagi hari juga bisa sekaligus menjaga bentuk tubuh agar selalu kencang. Olahraga yang paling disarankan yakni jogging atau lari di pagi hari. Menurut riset olahraga rutin bisa meningkatkan kadar bahagia seseorang.

4.     Hindari Panik Berlebih hingga Stress

Tentunya kamu juga dianjurkan untuk menghindari panik hingga stress berlebih. Ketakutan akan berbagai hal bisa jadi melanda. Namun, tanamkan bahwa acara pernikahan merupakan acara yang asik dan tidak menuntut banyak hal.

Panik hingga stress berlebih ini bisa berakibat fatal pada tubuh. Tidak hanya bisa menurunkan berat badan secara signifikan, kamu juga kemungkinan bisa terkena penyakit lainnya. Lebih fatalnya lagi stress bisa merambah ke orang lain.

Kenapa bisa? Karena mood seseorang bisa tergantung dengan mood orang sekitarnya. Jadi, jaga kesehatan mental untuk kebaikan diri sendiri dan kebaikan orang lain, ya.

5.     Pastikan Venue Siap

Beralih dari kesiapan diluar tubuh, kamu bisa memastikan bila venue yang akan digunakan sudah siap jauh jauh hari. Kesigapan dari pihak vendor perlu dipantau agar nantinya acara bisa tetap berjalan maksimal.

Pastikan venue telah siap pakai dengan memastikan daftar luang venue. Pastikan juga dengan cara mengecek pembayaran venue apakah sudah dibayar seiring perjanjian dengan pihak sewa. Jangan sampai kemungkinan terburuk menyambangi hari bahagia kamu dan pasangan.

Pengecekan venue juga bisa dilakukan untuk menyesuaikan konsep dengan taste pribadi akan dekorasi ruang. Tidak ada salahnya bagi kamu dan pasangan untuk mengutarakan ide agar dekorasi acara lebih memuaskan nantinya.

6.     Pastikan Busana Lengkap dan Siap Digunakan

Persiapan untuk menikah bisa dilakukan hingga berbulan bahkan bertahun tahun lamanya. Tidak kalah jadi bahan perhatian, busana atau kostum pernikahan perlu di cek berulang ulang. Memastikan ukuran, desain hingga ornamen akhir pada pakaian merupakan sebuah keharusan.

Walaupun cukup memakan waktu, luangkanlah waktu bersama untuk mengunjungi penjahit dan melihat hasil jahitannya bersama. Kesepakatan akan desain hingga warna bisa jadi faktor pendorong terciptanya momen tidak terlupakan.

Pastikan juga busana keluarga tersedia dengan baik dan siap pakai. Usahakan semua baju telah diberikan ke anggota keluarga masing masing. Serahkan bagian pengecilan ukuran pada pemilik baju tersebut. Jangan sampai ada anggota yang terlewat pemberian baju keluarga, ya.

7.     Sediakan Dana Tak Terduga

Tips sebelum hari pernikahan yang selanjutnya adalah sediakan dana tak terduga. Dana cukup jadi hal krusial hampir di semua kegiatan acara termasuk pernikahan. Sediakan dana tak terduga hingga acara selesai. Dana ini bisa dipersiapkan dari jauh jauh hari bahkan sebelum konsep nikah diputuskan.

Paling sedikit sediakan 20% dari jumlah keseluruhan target pengeluaran. Kamu bisa menaikan angka dana tak terduga sesuai dengan kesepakatan bersama. Bisa dipastikan akan ada hal tidak terduga yang datang dan menguras kembali dana yang telah disiapkan.

Dana tak terduga bisa dibuat terpisah dengan dana utama agar tidak pusing megelolanya. Perlu jadi catatan jangan pernah menggunakan dana tak terduga bila dana utama masih tersisa. Pergunakan dana tak terduga hanya pada kondisi paling urgen saja.

8.     Pastikan Kedatangan Pengisi Acara

Terakhir, pastikan kelengkapan pengisi acara terlebih pastikan mereka bisa hadir tepat waktu. Pengisi acara di antaranya penghulu, band hiburan hingga master of ceremony atau MC. Pengisi acara yang lain juga harus dipastikan siap dan bisa datang tepat waktu.

Kehadiran pengisi acara juga menjadi hal yang penting agar acara berjalan lancar. Bayangkan bila MC tidak datang akan seperti apa jadinya acara yang berlangsung, akan sulit menemukan MC berpengalaman untuk disewa jasanya secara dadakan.

Penting juga untuk memilih jasa pengisi acara terpercaya agar nantinya tidak terkendala apapun. Kamu bisa mencari pengisi acara terpercaya rekomendasi teman atau cari sendiri dengan mempertimbangkan beragam hal. Kepercayaan, jam kerja, dan review bisa jadi bahan pertimbangan.

Kamu bisa mencari MC berpengalaman, profesional, dan terpercaya lewat laman http://mcmalangjuanda.com/. Kepuasan konsumen merupakan hal utama bagi kami karenanya kami siap mendukung kamu untuk menciptakan momen  berharga di acara pernikahan.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan Balasan

× WhatsApp